Tuesday 8 December 2015

Cara Memindahkan Aplikasi Android ke Micro SD

mempunyai ponsel dengan OS android memang menyenangkan karena banyak aplikasi yang bisa kita download di smartphone kita, tapi kadang keterbatasan memori pada smartphone kita membuat segalanya menjadi sulit, nah untuk itu kita perlu menambahkannya dengan memori eksternal, dengan demikian kita bisa menyimpan aplikasi yang kita unduh untuk kita simpan di memori eksternal atau Micro SD Card. Nah, Jika Anda memiliki smartphone Android yang sudah menggunakan Android 5.0 Lollipop atau Android 6.0 Marshmallow, maka proses memindahkan aplikasi ke sebuah Micro SD card adalah hal yang sangat mudah. tapi jangan khawatir saya juga sudah mencoba untuk Android Jellybean dan kitkat. Pertama-pertama yang perlu kita lakukan adalah memastikan Micro SD card yang ingin kita gunakan sudah masuk ke smartphone. Jika kita hendak membeli sebuah Micro SD card baru, sebaiknya periksa kapasitas maksimal Micro SD card yang dapat digunakan oleh smartphone kita. So, kitatidak mau membeli Micro SD card dengan kapasitas 256 GB saat smartphone kita hanya dapat menggunakan Micro SD card dengan kapasitas 64 GB.
mula-mula buka menu Settings dan pilih menu Apps. Lalu, pilih aplikasi atau game yang ingin kita pindahkan ke Micro SD card. kita akan melihat banyaknya memori yang digunakan oleh aplikasi tersebut. Di sini, kita juga akan melihat tombol 'Clear data' dan 'Move to SD card'. Untuk memindahkan aplikasi, kita cukup menekan tombol 'Move to SD Card'. Seperti yang dapat kita lihat pada gambar di atas, jika tidak ada Micro SD card pada smartphone Anda, maka tombol 'Move to SD card' akan berwarna abu-abu muda. Sebaliknya, jika ada SD card pada smartphone, maka tombol tersebut akan berwarna abu-abu tua.
Jika kita ingin memindahkan sebuah aplikasi atau game dari SD card ke memori internal ponsel, maka kita dapat mengulangi langkah di atas. Hanya saja, tombol yang harus Anda pilih adalah tombol bertuliskan 'Move to Phone'.

No comments:

Post a Comment